Minggu, 02 Agustus 2009

Troubleshooting PC desktop ( part 1)

Layar LCD/monitor gelap (no signal) :
Pada saat anda menghidupkan komputer , tekan tombol on power cpu hidup tapi tidak ada tampilan dimonitor hanya gelap atau ada tulisan no signal. ini berarti output video dari grafic card ( VGA) tak masuk ke input monitor.
Dukungan Untuk Stop Dreaming Start Action

Penyebab :
1. Kabel vga atau kabel monitor
2.Ram
3.Power supply
4.Mainboard
5.grafic card
6.Processor
7.etc

Penanganan perbaikan:

1. Kabel vga atau kabel monitor
Perbaikan :
Periksa conector kabel pastikan socket kabel benar2 tepat pada posisinya tidak miring/ lepas,baik yang ke cpu atau yang masuk ke lcd monitor. Ganti kabel vga dengan yang baru jika kabel tsb putus.

2.Ram ( memory)
Perbaikan :
Jika kerusakan pada ram biasanya diringi dengan bunyi beep buzer ada juga sebagian tidak.Copot Ram dari socketnya bersihkan dengan penghapus pensil atau kain celana jean pada pin Ram tsb , bersihkan socket Ram dengan kuas.masukkan ram kembali pada socket dengan posisi sesuai tanda pada ram. tekan Ram tsb hingga lock pda socket mengunci, goyang ram kekiri dan kekanan secara perlahan-lahan untuk memastikan Ram terpasang dengan benar.jika buzer masih berbunyi berarti Ram rusak harus ganti dengan yang baru.

3.Power supply
Perbaikan :
Lemah atau berkurangnya daya ( watt ) dari power supply bisa juga mengakibatkan cpu tidak bekerja dengan sempurna. Copot socket power supply yang mainbord , gunakan pinset hubungkan kabel hitam ( salah satu ) dengan kabel yang berwarna hijau. Perhatikan putaran kipas pwr supply, jika putaran kipas lemah berarti pwr suplly lemah. bawa ke tukang servis atau ganti dengan yang baru . catatan : watt pwr supply harus sama dengan yang direkomendasikan atau lebih besar watt juga tidak apa-apa asal jangan lebih kecil dari yang aslinya.

4.Mainboard
Perbaikan :
Jika kerusakan pada mainboard ( MB) , coba reset bios , dengan menjumper pada battery cmos pada posisi clear cmos hidupkan, kemudian kembalikan pada posisi awal jumper ke normal hidup cpu.jika hidup setting ulang bios cpu. jika tidak berhasil bersihkan MB dengan kuas jika kelihatan kotor atau berdebu. Pada MB juga ada bunyi beep buzer ada seperti bunyi ram rusak berarti mb anda rusak, tapi anda yakin betul kalau Ram anda tidak rusak, ini berarti Mb tidak bisa mendetek ram, ada komponen yang rusak pada bagian ic driver control power ram.ganti MB baru , jika ada tukang service bisa perbaiki Mb antar aja ke tukang service.

5.grafic card
Perbaikan :
jika anda menggunakan vga onboard,coba ganti aja dengan vga card,tapi jika selama ini anda mengunakan vga card bukan onboard, copot vga card nya gunakan vga onboard jika berhasil berarti vga card anda rusak.

6.Processor
Perbaikan :
Biasanya pada processor jarang sekali rusak. Buka headshink dari dari MB, hidupkan cpu sentuh permukaan processor jika panas suhu naik secara perlahan-lahan bearti processor anda normal atau ok, jika hanya hangat-hangat saja atau panas yang tidak normal bearti Processor anda rusak atau MBnya bermasalah, yang aman test processor ke MB yang lain support dengan processor anda.

untuk membahas permasalahan diatas saya rasa cukup sampai didisi dulu, udah ngantuk mo ngetik, sebenarnya masih banyak penyebab lainnya. ntar disharing lagi pembahasannya.atow ada yang mo nambahin comment aja dibawah...ya.

semgoga bermanfaat

salam succes

4 komentar:

irfan 11 Agustus 2009 19.20  

Mantap Bro artikelnya
>

Anonim,  10 Juni 2010 10.04  

Artikelnya bagus mas atok..nama saya Eko,saya punya trouble nih mas mohon pencerahannya, kalo PC hidup tapi tak ada bunyi bip lagi(biasanya bunyi 2x ),monitor jg g' ada tampilan(black screen),led indikator hard dvd kelap-kelip terus menerus..Mohon pencerahannya mas, makasih

anwar 25 Oktober 2011 22.54  

Assalamualaikum,Atok.PC saya taka ada output VGA ke monitor.yg ada cuma DVI-I. Saya dah cuba pakai socket DVI-I ke VGA adapter tapi tak boleh juga.jadi sudilah kiranya Atok membantu. wassalam, tq.

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP