Jumat, 10 April 2009

TV Troubleshooting


Ada beberapa kerusakan yang mengakibatkan pada pesawat televisi tidak bisa bekerja sama sekali. Secara umum kerusakan terjadi pada bagian blok catu daya, horizontal, predriver, penguat awal dan penguat akhir.


Berikut beberapa penyebab dan solusi perbaikan :

TV mati Total ( matot )

1. apakah tv mati total dan tidak ada lampu indicator yang menyala

Penyebab :
kemungkinan besar terdapat kerusakan pada rangkaian power supply atau regulator ac

solusi :
Ukur tegangan listrik dan fuse, jika bagus dan fuse tidak putus periksa rangkaian regulator input sampai regulator output. Pada umumnya tegangan output catu daya mempunyai outputnya 5volt,12volt,24volt dan 115volt tergantung merek tvnya.
Periksa komponen jika ada yang rusak ganti atau ada solderan yang retak solder ulang kembali. Biasanya komponen yang sering rusak : diode ,condensator, STR, transisitor.

2.apakah ada terdengar suara trafo berderit (switching)

penyebab :
biasanya tegangan output tersumbat

solusi :
Bypas tegangan out regalator dengan cara melepas kaki basis transistor horizontal, ukur tegangannya jika normal periksa seluruh jalur distribusi tegangan output regulator ke seluruh rangkaian horizontal. pada umunya komponen yang mudah rusak adlah trafo flyback, transistor horizontal dan kapasitor ganti denagn yang bari jika ada yang rusak.

3.apakah lampu indicator menyala tetapi tv tidak dapat difungsikan

penyebab:
kemungkinan kerusakan terjadi pada rangkaian horizontal atau regulator.Ada beberapa merek tv memakai dioda pembatas sehingga tegangan output yang dihasilkan terhambat.Dioda yang biasa digunakan seri R2M dan R2KY.

solusi :
periksa tegangan output dari regulator sampai ke beban rangkain, jika terhambat ada komponen yang rusak dan perlu diganti. Biasanya ada yang short dibagian horizontal blok.

Semoga bermanfaat...


2 komentar:

batamku 15 April 2009 19.06  

Bang Tvmu Kunooo,,,.....deh

Jerdin 10 Juni 2017 09.11  

Informasi yang Sangat Berguna bagi para tehnisi pemula..

Trims articel yg menarik untuk lebih mengenal tehnologi tv terdahu sebelum yang Ada sekarang.



  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP