Selasa, 24 Februari 2009

Mendeteksi Kerusakan Keyboard Laptop

Kerusakan keyboard pada laptop fujitsu S series

Disini penulis hanya berbagi sedikit pengalaman yang saya temukan dalam hoby utak atik laptop, mungkin juga bisa membantu teman-teman yang punya hoby sama seperti saya.

Kebetulan teman saya punya laptop fujitsu S series centrino 1,6 ghz, ram 512 mb, hdd 40 gb, dvd writer yang bermasalah dengan keyboard.
Secara umum mungkin kita berpikir pasti keyboard yang bermasalah tanpa pikir panjang, teman saya pun mengorder keyboard fujitsu tersebut dengan harga kira2 harga $ 100 singapore dollar.
setelah dipasang ternyata masalah masih tetap sama, beberapa huruf ditekan akan ada bersamaan huruf lain muncul seperti keyboard lengket. contoh tekan a jadi awsd . maaf gambar tidak bisa diperlihat laptop udah kelar dan dibawa teman.

setelah melihat kondisi diatas penulis mencoba untuk memberanikan diri membuka laptop tersebut.berbekal multi tester dan ilmu pas-pasan penulis melakukan langkah sebagai berikut:

1. memeriksa jalur yg pcb
apakah ada yang rusak atau putus jika ada solder ulang dan sambung yang putus.

2. memeriksa connector keyboard
lihat kondisi solderan kaki-kaki soket jika renggang solder ulang , bersihkan dari kotor cairan bekas solderan dengan tinner atau cairan IPA

3. capasitor
beberapa merek laptop ada yang mengunakan capacitor dan resistor paralel sebagai filter, jika ada solder ulang. hati-hati jangan sampai solderan ada yg menyatu antara satu sama lain. gunakan kaca pembesar untuk melihat hasil solderan.

penulis telah melakukan 3 persedure diatas namun alhasil tetap sama. langkah selanjutnya penulis mencoba mentracking jalur dari soket hingga kekomponen aktif, disinilah penulis menemukan jawabanya ternyata kerusakan tersebut terletak pada IC control input data ( IC MB90F372 untuk Fujitsu S series). kebetulan punya canibalan icnya langsung aja penulis mengganti ic tersebut dan hasil cukup memuaskan berhasil sempurna. alhamdullilah sudah 2 bulan tidak terjadi masalah atau kambuh lagi penyakit keyboardnya.

Untuk lebih jelas lihat gambar berikut ini :















Ganti IC tersebut dengan yang baru atau canibalan yang masih ok.

catatan kecil :
sebelum memastikan kerusakan dan membeli keyboard di test dulu dengan key board lain untuk lebih memastikan apakah rusak keyboardnya atau kerusakan pada mainboardnya. ( jika punya teman teknisi laptop ato punya laptop teman yang semerek )

beberapa tanda kerusakan pada keyboard :
- ada salah satu angka atau huruf yang tidak berfungsi/ sebaris juga bisa
- sounding pada saat booting OS ( keyboard Lengket )
- tidak detek sama sekali fuse keyboard putus ( dimainboard )
- etc

dengan kata laen bersihkan keyboard laptop anda secara berkala agar debu yang menempel hilang untuk mencegah kerusakan pada keyboard laptop.

semoga bermanfaat,
jika ada salah mohon maaf penulis masih tahap belajar ...!!!

7 komentar:

Anonim,  3 Februari 2010 10.53  

kerja yang hebat....

Anonim,  12 Juli 2010 08.39  

sory nih, numpang iklan...
Untuk daerah Makassar dan sekitarnya...
Yang punya masalah dengan keyboard laptop, silahkan hubungi 0411-5015049, dijamin harga murah dan bergaransi

Anonim,  1 Agustus 2010 19.03  

mantab..
mas mo tanya keyboard laptop saya ada yang ga jalan sebagian..
yaitu : "esc "del" dan "f12"
awalnya jalan..cuma gara gara saya coba bongkar laptop nya..pas bagian keyboard mo saya lepas tapi saya lupa membuka baut yang nempel ke keyboard,trus saya paksa buka..setelh ingat baru saya buka tuh bautnya..baru deh bisa dibuka..setelah selesai bongkar dan saya pasang lagi smuanya waktu saya tes laptopnya malah jadi ga jalan beberapa tombol yang saya sebutkan tadi diatas..
pertanyaannya..bagaimana cara memperbaikinya mas..
alnya mo di coba pake keyboard lain jarang ada yang sama..soalnya merk laptop nya quantel..dan jarang ada di pasaran..
ditunggu blsannya..
trims sbelumnya..

Anonim,  11 Agustus 2010 07.47  

Apakah anda pernah mengalami:
1) Beberapa tombol tidak berfungsi,
2) Tombol macet,
3) Hubungan pendek pada jalur pcb (muncul huruf yang berbeda),
4) Penekanan tombol agak keras

Hanya ada 2 kategori:
1) 1 - 5 tombol rusak/error Rp 100.000,-
2) 6 - ke atas tombol rusak/error Rp 150.000,-

Serahkan masalah anda ke kami, insyaallah masalah anda dapat kami selesaikan dalam tempo 24 jam, dan bergaransi.

Hubungi : Ahmad Firdaus, Telp : 0411-5015049, alamat : Jl. Tamalate I Blok 15 No. 6 (Depan TK Budi Dharma Utama) Makassar Sulawesi Selatan

lina 16 September 2010 05.45  

sangat membantu...

mas.. mau tanya.. laptop saya beberapa tombolnya tidak berfungsi [tombolnya berdekatan]. terus jika di klik kanan keluar bunyi seperti tombol mencet terus... [utk sementara tmbl yg tdk berfungsi saya nonaktifkan].

kalo menurut mas, kira2 yg bermasalah keybardnya saja atau sampek ke mainboardnya? perlu diganti?

NB: laptp saya mash dlm jangka garansi.

mohon penjelasan sepengetahuan mas..

trimakasih banyak..

[linamadjid@yahoo.cm]

Anonim,  16 September 2010 05.46  

sangat membantu...

mas.. mau tanya.. laptop saya beberapa tombolnya tidak berfungsi [tombolnya berdekatan]. terus jika di klik kanan keluar bunyi seperti tombol mencet terus... [utk sementara tmbl yg tdk berfungsi saya nonaktifkan].

kalo menurut mas, kira2 yg bermasalah keybardnya saja atau sampek ke mainboardnya? perlu diganti?

NB: laptp saya mash dlm jangka garansi.

mohon penjelasan sepengetahuan mas..

trimakasih banyak..

[linamadjid@yahoo.com]

Anonim,  16 September 2010 05.47  

sangat membantu...

mas.. mau tanya.. laptop saya beberapa tombolnya tidak berfungsi [tombolnya berdekatan]. terus jika di klik kanan keluar bunyi seperti tombol mencet terus... [utk sementara tmbl yg tdk berfungsi saya nonaktifkan].

kalo menurut mas, kira2 yg bermasalah keybardnya saja atau sampek ke mainboardnya? perlu diganti?

NB: laptp saya mash dlm jangka garansi.

mohon penjelasan sepengetahuan mas..

trimakasih banyak..

[linamadjid@yahoo.com]

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP